Investasi Emas

Bagi yang ingin mendapatkan keuntungan secara jangka pendek, maka bisa melakukan alternatif seperti berikut:

a. Buat yang tidak punya uang.
Karena emas merupakan hedging/lindung nilai dari inflasi, maka strategi yang paling umum adalah ketika kita bisa menabung uang kita, hingga tercapai harga emas.

Misal harga emas saat ini Rp500 ribu per satu gram, maka minimal kita membelinya 5 gr = Rp2,5 juta. Setelah memiliki dana tersebut, kita bisa langsung membelinya ke ANTAM atau PT Aneka Tambang Tbk (bisa di lihat di www.logammulia.com atau www.antam.com) atau toko-toko emas yang memiliki sertifikat dari PT ANTAM yang diakui secara internasional.

Atau kita bisa mendatangi PT Pegadaian untuk membeli emas secara cicilan sesuai dengan jangka waktu yang tertera dalam perjanjian, misal tiga atau enam bulan dengan terlebih dahulu membayar DP/Down Payment-nya.

b. Bagi yang punya uang pas-pasan.
Setelah memiliki dana darurat sebesar 3, 6, 12 atau 24 kali pengeluaran (sesuai dengan banyaknya anggota keluarga, di luar perlindungan asuransi) maka strategi membeli ketika harga rendah dan menjualnya ketika harga tinggi bisa kita aplikasikan.

Beli saat ada uang, simpan dengan aman, dan jual saat diperlukan. Dengan strategi ini, semakin banyak emas batangan yang kita punya, kemungkinan mendapatkan selisihnya (baca: profit) semakin besar.

2. Ingin Pengembangan (investasi jangka panjang).
Jika tadi lebih ke strategi jangka pendek, maka strategi berikut untuk yang memiliki nafas lebih panjang, dan benar-benar untuk investasi masa depan.

a. Punya uang untuk dagang.
Setelah lepas dari semua kebutuhan sehari-hari, maka strategi ini bisa digunakan untuk total berinvestasi di emas.  Dengan asumsi harga emas cenderung naik (ada beberapa waktu, harga emas turun, yang perlu digaris bawahi, berinvestasi emas tetap memiliki risiko), maka selain Anda bisa membeli emas, Anda harus punya dana cash untuk ‘menyekolahkan’ emas Anda di pegadaian.

Selisih dengan cara beli-gadai-beli, maka Anda akan dapat keuntungan yang lumayan, ketimbang hanya beli saat ada uang, simpan dengan aman, dan jual saat diperlukan.

b. Punya uang berlebih.
Bisa Anda gunakan strategi beli rendah, jual tinggi. Beli tinggi, gadai rendah. Strategi ini, selain perlu analisa dan perhitungan yang matang, yang kita lakukan adalah melihat timing yatu ketika harga turun barulah kita gadai dan beli emas lagi.

Kalau harga naik terus, kita gunakan strategi punya uang untuk dagang. Dengan strategi ini, keuntungan Anda akan berlipat di samping adanya faktor risiko untuk nombok.

Selain itu juga, Anda harus menghitung selisih antara sewa Safe Deposit Box/SDB di bank atau Jasa titipan di PT Pegadaian untuk tempat penyimpanan emas dengan tingkat pengembalian investasi kita (ROI/Return Of Investment) selama jangka waktu tertentu.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah dalam membeli emas batangan yakni:
1. Harus punya sertifikat ANTAM.
2. Karat 99,99 bukan 99,98.
3. Cocokkan no ID sertifikat dengan nomor emas logam mulianya.
4. Apakah SDB atau Jasa titipan itu diasuransikan apa tidak?


Berita emas mengenai investasinya tentu menggiurkan Anda . Investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membeli emas batangan, emas pehiasan, gadai emas melalui perbankan, atau perdagangan berjangka. Untuk beberapa orang dunia investasi merupakan dunia baru yang belum dikenali seluk beluknya, terutama untuk pemula yang berinvsasti di bidang ini.
Berikut beberapa tips berinvesasi emas bagi pemula

    Tentukan tujuan Anda berinvestasi emas dan samapai kapan investasi itu tetap dijalankan.
    Pemula yang akan berinvestasi emas, lebih baik berinvestasi melalui emas batangan dibanding perhiasan, sebab, harga emas batangan cenderung lebih stabil dan tidak ada potongan yang besar ketika akan dijual kembali
    Dalam berinvestasi emas batangan, sebaiknya Anda lakukan sendiri langsung tanpa perlu melibatkan pihak ketiga, seperti ikut MLM emas batangan misalnya.
    Investasi emas akan menguntungkan jika dalam jangka panjang, maka waktu minimal Anda menjual emas kembali adalah sesudah satu tahun.investasi emas
    Membeli emas batangan dalam jumlah besar, seperti 100 gram lebih menguntungkan dibandingkan Anda membeli yang 25 gram.
    Segera membeli emas ketika harga emas turun dan segera melakukan penjualan ketika harga emas turun. Namun sebaiknya amati dahulu pergerakan naik turunnya emas dalam jangka waktu lebih lama.
    Jika memerlukan uang untuk keperluan mendadak, jangan jual emas Anda tapi usahakan menggadaikannya dahulu.
    Menghitung keuntungan investasi emas, tinggal menghitung berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli emas, kemudian bandingkan dengan uang yang diterima jika  menjualnya sekarang. Selisihnya adalah keuntungan atau kerugian. Cukup berpatokan pada uang cash yang dikeluarkan dan didapat.

Bila masih ragu mengenai investasi emas ini, Anda bisa mencari tahu berita emas terkini beserta tip-tipsnya secara online, karena kini banyak info mengenai berita emas secara online yang di share oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang investasi ini. Selamat berinvesatasi.